Cerita Rakyat Indonesia

semoga bermanfaat…

Asal Mula Nama Palembang

Posted by me. . pada Februari 24, 2010

sumber: http://www.kaskus.us/showthread.php?t=944647&page=6

Pada zaman dahulu, daerah Sumatra Selatan dan sebagian Provinsi Jambi berupa hutan belantara yang unik dan indah. Puluhan sungai besar dan kecil yang berasal dari Bukit Barisan, pegunungan sekitar Gunung Dempo, dan Danau Ranau mengalir di wilayah itu. Maka, wilayah itu dikenal dengan nama Ba*tanghari Sembilan. Sungai besar yang mengalir di wilayah itu di antaranya Sungai Komering, Sungai Lematang, Sungai Ogan, Sungai Rawas, dan beberapa sungai yang bermuara di Sungai Musi. Ada dua Sungai Musi yang bermuara di laut di daerah yang berdekatan, yaitu Sungai Musi yang melalui Palembang dan Sungai Musi Banyuasin agak di sebelah utara.

Karena banyak sungai besar, dataran rendah yang melingkar dari daerah Jambi, Sumatra Selatan, sampai Provinsi Lampung merupakan daerah yang banyak mempunyai danau kecil. Asal mula danau-danau kecil itu adalah rawa yang digenangi air laut saat pasang. Sedangkan kota Palembang yang dikenal sekarang menurut sejarah adalah sebuah pulau di Sungai Melayu. Pulau kecil itu berupa bukit yang diberi nama Bukit Seguntang Mahameru.

Keunikan tempat itu selain hutan rimbanya yang lebat dan banyaknya danau-danau kecil, dan aneka bunga yang tumbuh subur, sepanjang wilayah itu dihuni oleh seorang dewi bersama dayang-dayangnya. Dewi itu disebut Putri Kahyangan. Sebenarnya, dia bernama Putri Ayu Sundari. Dewi dan dayang-dayangnya itu mendiami hutan rimba raya, lereng, dan puncak Bukit Barisan serta kepulauan yang sekarang dikenal dengan Malaysia. Mereka gemar datang ke daerah Batanghari Sembilan untuk bercengkerama dan mandi di danau, sungai yang jernih, atau pantai yang luas, landai, dan panjang.

Karena banyaknya sungai yang bermuara ke laut, maka pada zaman itu para pelayar mudah masuk melalui sungai-sungai itu sampai ke dalam, bahkan sampai ke kaki pegunungan, yang ternyata daerah itu subur dan makmur. Maka terjadilah komunikasi antara para pedagang termasuk pedagang dari Cina dengan penduduk setempat. Daerah itu menjadi ramai oleh perdagangan antara penduduk setempat dengan pedagang. Akibatnya, dewi-dewi dari kahyangan merasa terganggu dan mencari tempat lain.

Sementara itu, orang-orang banyak datang di sekitar Sungai Musi untuk membuat rumah di sana. Karena Sumatra Selatan merupakan dataran rendah yang berawa, maka penduduknya membuat rumah yang disebut dengan rakit.

Saat itu Bukit Seguntang Mahameru menjadi pusat perhatian manusia karena tanahnya yang subur dan aneka bunga tubuh di daerah itu. Sungai Melayu tempat Bukit Seguntang Mahameru berada juga menjadi terkenal.

Oleh karena itu, orang yang telah bermukim di Sungai Melayu, terutama penduduk kota Palembang, sekarang menamakan diri sebagai penduduk Sungai Melayu, yang kemudian berubah menjadi pen*duduk Melayu.

Menurut bahasa Melayu tua, kata lembang berarti dataran rendah yang banyak digenangi air, kadang tenggelam kadang kering. Jadi, penduduk dataran tinggi yang hendak ke Palembang sering me*ngatakan akan ke Lembang. Begitu juga para pendatang yang masuk ke Sungai Musi mengatakan akan ke Lembang.

Alkisah ketika Putri Ayu Sundari dan pengiringnya masih berada di Bukit Seguntang Mahameru, ada sebuah kapal yang mengalami kecelakaan di pantai Sumatra Selatan. Tiga orang kakak beradik itu ada*lah putra raja Iskandar Zulkarnain. Mereka selamat dari kecelakaan dan terdampar di Bukit Seguntang Mahameru.

Mereka disambut Putri Ayu Sundari. Putra tertua Raja Iskandar Zulkarnain, Sang Sapurba kemudian menikah dengan Putri Ayu Sundari dan kedua saudaranya menikah dengan keluarga putri itu.

Karena Bukit Seguntang Mahameru berdiam di Sungai Melayu, maka Sang Sapurba dan istrinya mengaku sebagai orang Melayu. Anak cucu mereka kemudian berkembang dan ikut kegiatan di daerah Lembang. Nama Lembang semakin terkenal. Kemudian ketika orang hendak ke Lembang selalu mengatakan akan ke Palembang. Kata pa dalam bahasa Melayu tua menunjukkan daerah atau lokasi. Pertumbuhan ekonomi semakin ramai. Sungai Musi dan Sungai Musi Banyuasin menjadi jalur per*dagangan kuat terkenal sampai ke negara lain. Nama Lembang pun berubah menjadi Palembang

Penulis: M.B. Iman Santoso.

About these ads

37 Tanggapan to “Asal Mula Nama Palembang”

  1. aditkus said

    nice inpoh, cerita yang seperti ini perlu dilestarikan buat generasi selanjutnya

  2. vhie said

    alou q mw tnya niech lw msal mw ngrjaen tgas bgus’y crita aph ua please bntu q ua

    • me. . said

      @ Vhie, wah, mo ngrjain tugas ya? mungkn prlu digali dulu, kmu maunya apa? atau tugasnya tentang apa?, dari situ akan mengarahkan mesti bikin cerita yang bgmna… smoga membantu…

  3. indonesian said

    wah cerita beginian memang haris dolestarikan jangan sampai di KLAIM negara lain lagi

  4. coolen said

    ini sangat membantu untuk tugas bahasa ku …
    terima kasih sobb

  5. popy said

    ceritanya keren tapi kamu dapet dari mana sichhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh.

  6. Meong.. said

    Ceritanya bagus, walau agak rumit, soalnya aku lagi bikin skenario buat drama sekolah..

  7. maulana said

    kenapa blm ada masalah cerita rakyat banyuasin?
    lw bs cerita rakyat Banyuasin dan Musi Banyuasin dan sekitarnya jg ada
    ni saran lw bisa di ada kan y
    jd lw ada yang membutuhkan bisa buka melalui browsing aja
    mudah-mudahan bisa ditanggapi
    trims

  8. RiyA said

    bLeH lh CritA’a cRu bgt n’ mnmbAh wawasan,.,
    thn’x

  9. juli said

    oooooooooooooooooooooooooh gitu tih.
    belajar bertahun tahun baru tau ini ternyata.
    muantab.

  10. Coci said

    Seru bngt tu.. Baru tau aku… Mksh y !?!?!

  11. Coci said

    Suka3…Seru bngt tu.. Baru tau aku… Mksh y !?!?!

  12. alvy laili said

    eh critanya lumayan sRu lhooooooooooooooo Q ska buangEtZZZZZZZZZZZZZZ111111

  13. alvy laili said

    CRITANYA LUMAYAN sRU LOOH q ska bangetZZZZZZZZZZZ

  14. gracetine said

    ohhhhh gitu asal mula nama palembang emang seru deh gak ada yang nyaingin

  15. cindy larasati said

    oshi”’ ….

  16. Trizon Martan said

    Bagus dan terus lestarikan, karna byk yang blm tahu

    Trizon M

  17. and-rhe said

    ohhhhh gitu asal mula nama palembang emang seru deh gak ada yang nyaingin LaSkAr WoNk_KiTo GaLo DaX TeRti WoNk GaLo JoK

  18. ulfa said

    thank’s yawghh

  19. azka said

    waw………..
    baguz tuh gx da yg nyaingin crita”a deh, ld kangen ma kampung halaman

  20. shelly said

    jadi kngn am rmh…..n sktrya,,,,,,jd pgn plng dech………….

  21. Dani Ramdani said

    Thank’s, bagus artikelnya, klw boleh ikut berpartisipasi melestarikan cerita rakyat ini

  22. cerita iniharus d turun kan pada anak2 gnerasi mendatang supaya mrka ingt akn kota klahiran ter cinta

  23. Ardian Ovt said

    good story and beautiful, I love it ^_^

  24. dari babad banten menjelaskan: palembang berasal dari nama patih’y nyi ong tien istri dari sunan gunung jati dari chines beliau bernama pailibang beliau masuk islam dan diangkat oleh sunan gunung jati untuk menempati daerah itu.. dari nama beliaulah tempat itu diberi nama pailibang karena kebiasaan logat orang sumatera nama daerah tersebut menjadi palembang. satu lagi dikarenakan pailibang itu dari chines maka’y penduduk sana kebnayakan mirip orang chines..

  25. [...] Asal Mula Nama Palembang [...]

  26. setahu saya kata palembang di ambil dari nama Laksamana China , yakni Laksamana Pai Liem Bang ,..maka Pak Ramli mantan GUB SUMSEL tau persis itu ,…membuat Lambang Naga di kota Palembang….!

  27. it’s very nice…. makasii ya.. :D
    ni boleh ku copykan??? buat tugas B.Indonesia??? :D

  28. unt sinopsis bahasa indonesia kawan XD

  29. ass aku nak begabong ngan kamu…..

  30. [...] Sumber : http://ceritarakyatindonesia.wordpress.com [...]

  31. […] Cerita Rakyat Indonesia […]

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: